sumber: http://www.activebeat.com/

5 Gerakan Senam Tangan Bagi Pekerja di Depan Laptop

Tuntutan pekerjaan membuat kita setiap hari harus duduk berlama-lama di depan layar laptop. Mengetik, menge-scroll banyak halaman, atau membuat program komputer. Saking lamanya kita menghabiskan waktu di depan komputer, badan menjadi pegal dan kadang terasa ngilu di pergelangan tangan. Padahal, rasa sakit ini bila berlarut-larut bisa memunculkan mati rasa untuk waktu lama di pergelangan tangan.

Untuk mencegahnya, ada tips senam tangan yang dapat kamu praktikkan. Cepat, simpel, dan tidak akan membuatmu pergi jauh-jauh dari meja kerjamu. Cukup mencobanya setiap hari, dan rasa sakit di pergelangan tanganmu tak akan muncul lagi.

Tips 1: Meregangkan pergelangan tangan

Peregangan atau stretching sebagai langkah awal meredam sakit di pergelangan tangan, langsung pada sumbernya. Berikut langkahnya:

  • Julurkan tangan kananmu ke depan dengan posisi kepalan terbuka dan punggung tangan menghadap ke bawah (seperti pada gambar)
  • Gunakan tangan kirimu untuk menekan tangan kananmu perlahan-lahan pada bagian jari, ke arah bawah selama 10 detik.
  • Kamu pun akan merasakan relaksasi otot pada bagian nadi dan lengan bawah. Ulangi sebanyak 5 kali pada masing-masing tangan.
sumber: http://www.activebeat.com/

sumber : www.activebeat.com

 

Tips 2: Memutar tangan perlahan-lahan membentuk lingkaran

Dengan memutar pergelangan tangan membentuk lingkaran akan meningkatkan fleksibilitas pergelangan tanganmu. Pegal-pegal pun jadi berkurang. Caranya mudah:

  • Julurkan lengan dan kepalkan tangan
  • Putar kepalanmu searah jarum jam sebanyak 5 kali, dengan posisi tangan lurus ke depan. Ulangi sebanyak 5 kali, dengan melawan arah jarum jam.
  • Variasikan gerakan dengan menggerakkan kepalan tangan ke atas dan ke bawah saat memutar pergelangan tangan. Lakukan sebanyak 10 kali.
sumber : www.activebeat.com

sumber : www.activebeat.com

Tips 3: Rentangkan tangan ke samping untuk memperlancar aliran darah

Merantangkan tangan akan melancarkan aliran darah dan melemaskan otot-otot pergelangan tangan dan jari. Hal ini bisa dilakukan sambil duduk santai.

  • Buka telapak tangan dan rentangkan kedua tanganmu ke udara. Posisikan seolah kamu sedang mendorong dinding di kiri dan kanan. Tahan posisi ini selama 5 detik.
  • Lalu kembalikan kedua pergelangan tangan dan jari-jari tangan dalam keadaan rileks.
  • Istirahatkan tangan sebentar, lalu ulangi lagi sebanyak 5 kali untuk masing-masing lengan.
  • Dengan ini, kamu sudah melemaskan otot dan membuat peredaran darah di dalam tubuhmu semakin lancar
sumber: www.activebeat.com

sumber: www.activebeat.com

Tips 4: Gerakan memantulkan kepalan

Peregangan tambahan dengan posisi tangan mengepal juga akan membantu mengurangi rasa nyeri di daerah pergelangan tangan dan bawah lengan. Peregangan yang satu ini bisa meningkatkan efektivitas gerakan lainnya dalam meredakan sakit di pergelangan tangan. Berikut caranya:

  • Rentangkan tangan kanan ke depan. Kepalkan tangan.
  • Posisikan tangan dalam posisi lemas. Perlahan, tekan kepalan tangan kanan ke bawah dengan tangan kiri. Tahan selama 5 hingga 10 detik.
  • Lalu, tekan kepalan tangan kanan ke atas dengan tangan kiri secara perlahan. Tahan lagi selama 5 hingga 10 detik.
  • Lakukan hal yang sama terhadap tangan kiri.
sumber: www.activebeat.com

sumber: www.activebeat.com

Tips 5: Peregangan Leher dan bahu

Untuk meredakan nyeri secara menyeluruh, kita juga perlu merenggangkan otot leher dan pundak guna melancarkan sirkulasi darah. Peregangan yang satu ini dilakukan dalam posisi berdiri.

  • Berdirilah dan letakkan tangan kiri di atas pundak kanan. Tekan pundak kanan dengan tangan kiri, lalu tempelkan kepala ke pundak kiri.
  • Tahan selama 5 detik. Ulangi ke arah sebaliknya, sebanyak 5 kali pada masing-masing sisi.
sumber: @LifeApps

sumber: @LifeApps

Gerakan-gerakan sederhana di atas dapat membantu melegakan rasa sakit di pergelangan tangan akibat berlama-lama bekerja di depan laptop. Jangan lupa untuk tetap bergerak setiap 1 jam sekali, dan menghirup udara segar saat istirahat guna memperlancar peredaran darah, dan mencegah nyeri pergelangan berubah menjadi penyakit yang lebih serius. Selamat mempraktikkannya!

*Artikel ini terinspirasi dari laman Activebeat.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>